Informatika dan pembelajaranya


                                                   Bab I:

                         Informatika dan Pembelajaranya

Retno Almalea 8E

https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/Informatika-BS-KLS-VIII.pdf



1.  Inftk dan Profil Pembelajaran Pancasila

Apa definisi Profil Pelajar Pancasila? Rumusan Profil Pelajar Pancasila adalah “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat 3 Bab 1 Informatika dan Pembelajarannya yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.”

Di dunia digital, warga digital juga perlu cara komunikasi, sopan santun dan etika, serta membangun kebiasaan-kebiasaan baik yang menumbuhkan karakter warga digital yang baik pula. Melalui mata pelajaran Informatika, kalian juga akan belajar juga menumbuhkan karakter-karakter tersebut, sebagai warga dunia nyata dan sebagai warga dunia maya. Saat membahas materi tentang berpikir komputasional, analisis data, pemrograman, dan dampak sosial informatika, kalian akan mengasah kemampuan bernalar kritis dan kreatif. Dalam  belajar informatika kita akan belajar cara menjadi mandiri serta bergotomg royong.


2.Cara Belajar Informatika

- Mempelajari tentang konsep informatika

-Belajar lewat kasus nyata

-Aktivitas yang dirancang setiap bab

-Pentingnya refelksi, memaknai, dan mengoneksikan pengalaman

-Pentingnya minat dan motivasi


3. Kilas Balik Mata Pelajaran Kelas VII

-Berpikir Komputasional, belajar menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari yang di dalamnya terdapat aspek informatika, khususnya algoritma, optimasi penjadwalan, struktur data list, dan representasi data

-Pada Bab Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), belajar mengenai pembuatan karya digital, berkomunikasi via surel, menggunakan peramban untuk mencari informasi, serta mengelola file dalam folder.

-Pada Bab Sistem Komputer, belajar definisi komputer, komputasi dan sistem komputasi, bagian-bagian utama komputer dan fungsinya, interaksi perangkat keras dan perangkat lunak dengan piranti lain yang terhubung.

-Pada Bab Jaringan Komputer dan Internet, belajar mengenai pengantar jaringan komputer dan internet, proteksi data dan file, dan koneksi internet.

-Pada Bab Analisis Data (AD), kalian belajar tentang pengelolaan dan penyajian data bervolume kecil untuk tujuan tertentu

-Pada Bab Algoritma dan Pemrograman, belajar membuat karya kreatif yang diprogram, dengan menyusun dan merangkai blokblok visual.

-Pada Bab Dampak Sosial Informatika belajar mengenai sejarah perkembangan, peranan, dan dampak positif maupun negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

-Pada Bab Praktik Lintas Bidang  belajar bekerja sama dengan teman-teman kalian untuk membuat karya dan mencoba menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian pelajari pada bab-bab lain


4. Apa yang akan Kalian Pelajari di Kelas VIII?

-Pada Bab Berpikir Komputasional (BK), kalian akan belajar mengenai fungsi, algoritma dengan kasus yang lebih kompleks, representasi data (khususnya mengenai himpunan, logika, dan representasi bilangan), dan struktur data stack (tumpukan)

-Pada Bab Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), kalian akan memanfaatkan aplikasi pengolah kata, pengolah lembar kerja dan presentasi untuk mengintegrasikan konten setiap aplikasi, menghasilkan dokumen yang lebih kompleks

-Pada Bab Sistem Komputer (SK), kalian akan belajar mengenai fungsi sistem komputer, gerbang logika pada CPU, dan pengalamatan memori. Jika di kelas VII kalian hanya memandang komputer dari tampak luar, di kelas VIII, kalian akan masuk ke “dalam” komputer

-Pada Bab Jaringan Komputer dan Internet (JKI), kalian akan belajar mengenai teknologi komunikasi pada telepon seluler, jaringan lokal dan internet, proteksi data di internet, serta routing pada jaringan komputer.

-Pada Bab Analisis Data (AD), kalian akan belajar lebih dalam dibandingkan dengan kelas VII mengenai pengelolaan data, pencarian data, peringkasan data, dan visualisasi data.

-Pada Bab Algoritma dan Pemrograman (AP), kalian akan belajar pemrograman menggunakan dua bahasa pemrograman visual, yaitu Scratch dan Blockly

-Pada Bab Dampak Sosial Informatika (DSI), kalian akan belajar mengenai media sosial, cyberbullying, pengkajian informasi secara kritis

-Pada Bab Praktik Lintas Bidang (PLB), kalian juga belajar bekerja sama dalam kelompok, bergotong royong untuk membuat karya dan mencoba menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian pelajari pada bab-bab lain


5. Harapan Guru:

 para guru berharap kalian akan mampu melakukan beberapa hal berikut ini. 1. Menerapkan berpikir komputasional untuk menyelesaikan persoalan persoalan sehari-hari. 2. Mampu mengaplikasikan berbagai aplikasi perkantoran yang menyelesaikan masalah yang melibatkan lebih dari satu aplikasi perkantoran. 3. Memahami komponen sistem komputer, sistem-sistem bilangan yang umum digunakan dalam informatika, berbagai proses logika dalam sistem komputer. 4. Memahami keterhubungan antara satu komputer dengan komputer lainnya melalui jaringan komputer dan internet. 5. Mendefinisikan, mengolah, dan mengelola sekumpulan data bervolume kecil untuk tujuan tertentu, serta menyajikan informasi yang didapat dari data tersebut. 6. Membuat program dengan menggunakan dua jenis blok visual dan menarik abstraksi dari kedua blok visual tersebut. 7. Memahami dan mampu berpikir kritis terkait berbagai informasi yang ada pada internet dan bertindak bijak ketika memanfaatkan dunia maya. 8. Bekerja sama untuk menghasilkan sebuah karya sebagai solusi atas suatu persoalan, dengan menggunakan kemampuan-kemampuan yang sudah disebut di atas


6. Pemaknaan dan Kualitas Hasil Belajar

Hasil belajar Informatika perlu dimunculkan menjadi computational artefact (artefak komputasional), hasil karya nyata, berupa ungkapan lisan, laporan, program komputer atau lainnya. Dalam proses belajar, tentunya kalian akan diminta mengerjakan soalsoal, membuat artefak komputasional, membuat program, atau karya-karya lainnya. Guru akan menilai jawaban dan hasil karya kalian


7. Refleksi dan Rencana Kegiatan

Dalam Buku Siswa Informatika kelas VIII ini, dirancang sekumpulan aktivitas. Namun, belum tentu semuanya akan dijalankan di kelas. Guru akan memilih aktivitas yang tepat untuk dikerjakan bagi peserta didiknya sesuai dengan konteks, dan akan menentukan urutan kegiatan sepanjang tahun. Tabel 1.1 berisi rangkuman daftar aktivitas yang tersedia dalam buku Informatika Kelas VIII. Jika berminat, walaupun tidak diharuskan untuk dikerjakan di kelas, kalian dapat mengerjakan secara mandiri jika semua alat dan bahan tersedia. Jika tidak tersedia, kalian dapat merundingkan dengan guru dan orang tua, bagaimana menyesuaikannya agar tetap dapat dilaksanakan

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bab 5 Jaringan Komputer dan internet

Teks Prosedur (Bu Yeni)